Just another WordPress.com site

Masih ingatkah kita waktu sekolah dulu baik di SMP atau SMA tentang sosok guru BP(Bimbingan Penyuluhan) atau guru BK(Bimbingan Konseling) pada saat sekarang tentu banyak beragam pendapat. Tapi kalau mendengar BP rasanya gimana gitu.
Banyak siswa yang enggan datang ke ruang Bimbingan Konseling, ini dikarenakan bukan guru pembimbinganya kurang pengetahuan tapi kesan guru itu sendiri kurang ramah, gaya bicaranya kurang menyejukan hati, nada bicaranya keras dan terkesan selalu menyalahkan siswa.Sehingga siswa merasa takut manakala sampai diruang bimbingan konseling.Keluar dari ruang bimbingan konseling malah mendapat beban yang lebih berat karena masalah yang ada semakin menumpuk bukan semakin ringan karena tidak menemukan jalan keluar untuk memecahkan masalah

Seorang guru bimbingan konseling terhadap siswa sebaiknya:
1. Bersifat hangat
Pengertian dari bersifat hangat adalah ramah, penuh perhatian dan penuh kasih sayang
2. Dapat dipercaya
Guru bimbingan konseling tidak menjadi ancaman atau penyebab kecemasan bagi siswa karena semua masalah tidak akan diceritakn ke orang lain.
3. Sabar
Dengan kesabaran proses konseling dapat membatu siswa untuk mengembangkan dirinya secara alami
4. Jujur
Karena tugas guru BK( Bimbimngan Konseling) dalam membantu peserta didik antara lain:
1. Pengembangan kehidupan pribadi, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik dalam memahami, menilai bakat dan minat.
2. Pengembangan kehidupan sosial, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik dalam memahami dan menilai serta mengembangkan kemampuan hubungan sosial dan industrial yang harmonis, dinamis, berkeadilan dan bermartabat.
3. Pengembangan kemampuan belajar, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik mengembangkan kemampuan belajar untuk mengikuti pendidikan sekolah/madrasah secara mandiri.
4. Pengembangan karir, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik dalam memahami dan menilai informasi, serta memilih dan mengambil keputusan karir.

Jenis layanan yang diberikan guru bimbingan konseling:
1. Layanan orientasi, yaitu layanan yang membantu peserta didik memahami lingkungan baru, terutama lingkungan sekolah/ madrasah dan obyek-obyek yang dipelajari, untuk menyesuaikan diri serta mempermudah dan memperlancar peran peserta didik di lingkungan yang baru.
2. Layanan informasi, yaitu layanan yang membantu peserta didik menerima dan memahami berbagai informasi diri, sosial, belajar, karir/jabatan, dan pendidikan lanjutan.
3. Layanan penempatan dan penyaluran, yaitu layanan yang membantu peserta didik memperoleh penempatan dan penyaluran yang tepat di dalam kelas, kelompok belajar, jurusan/program studi, program latihan, magang, dan kegiatan ekstra kurikuler.
4. Layanan penguasaan konten, yaitu layanan yang membantu peserta didik menguasai konten tertentu, terutama kompetensi dan atau kebiasaan yang berguna dalam kehidupan di sekolah/madrasah, keluarga, industri dan masyarakat.
5. Layanan konseling perorangan, yaitu layanan yang membantu peserta didik dalam mengentaskan masalah pribadinya.
6. Layanan bimbingan kelompok, yaitu layanan yang membantu peserta didik dalam pengembangan pribadi, kemampuan hubungan sosial, kegiatan belajar, karir/jabatan, dan pengambilan keputusan, serta melakukan kegiatan tertentu melalui dinamika kelompok.
7. Layanan konseling kelompok, yaitu layanan yang membantu peserta didik dalam pembahasan dan pengentasan masalah pribadi melalui dinamika kelompok.
8. Layanan konsultasi, yaitu layanan yang membantu peserta didik dan atau pihak lain dalam memperoleh wawasan, pemahaman, dan cara-cara yang perlu dilaksanakan dalam menangani kondisi dan atau masalah peserta didik
9. Layanan mediasi, yaitu layanan yang membantu peserta didik menyelesaikan permasalahan dan memperbaiki hubungan antar mereka.

Untuk Tugas Guru BK dan 9 layanan diambil dari:
Pedoman Pelaksanaan Tugas Guru Dan Pengawas Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional 2009

 

http://guru-bimbingan-konseling.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: